KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER MADRASAH TSANAWIYAH
Tahun Pelajaran : 2011
/ 2012
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII
/ 1
Alokasi Waktu : 120
Menit
Jumlah Soal : 45 Soal ( a.
PG.: 40, b. Essay : 5 )
No. Urut
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
No. SOAL
|
|
PENCAPAIAN
|
SOAL
|
|||||||
1.
|
Memahami prose-dur ilmiah untuk mempelajari ben-da-benda dengan menggunakan peralatan
|
1.1.
Mendeskripsikan besaran pokok dan
besaran turunan beserta satuannya
|
VII
|
Besaran dan Satuan
|
Mengidentifikasi
besaran-besaran fisika dalam kehi-dupan
sehari-hari, kemudi-an mengelompokan dalam besaran pokok & turunan
|
Disediakan
tabel besaran pokok dan satuannya. Siswa dapat menentukan pasangan besaran pokok dan satuannya
dengan tepat
|
PG
|
1
|
VII
|
Besaran dan Satuan
|
Mengidentifikasi
besaran-besaran fisika dalam kehi-dupan
sehari-hari, kemudi-an mengelompokan dalam besaran pokok & turunan
|
Disediakan
beberapa contoh besaran, siswa dapat menunjuk-kan contoh besaran yang termasuk besaran turunan
|
PG
|
2
|
|||
VII
|
Besaran dan Satuan
|
Menggunakan
satuan inter-nasional dalam pengukur-an
|
Siswa
dapat menentukan satuan dasar untuk massa menurut SI
|
PG
|
3
|
|||
VII
|
Besaran dan Satuan
|
Mengkonversi
satuan pan-jang, massa dan waktu secara
sederhana
|
Siswa dapat mengkonversi satuan MKS ke
dalam satuan CGS
|
PG
|
4
|
|||
|
|
1.2.
Mendeskripsikan pengertian suhu & pengukurannya
|
VII
|
Suhu dan
Pengukuran-nya
|
Menggunakan
termometer untuk mengukur suhu suatu zat
|
Siswa
dapat menentukan alat ukur suhu badan
|
PG
|
5
|
VII
|
Suhu dan
Pengukuran-nya
|
Membandingkan
skala ter-mometer Celcius dengan termometer
lainnya
|
Dengan
menggunakan per-samaan toC = 5/4 oR,
siswa dapat menghitung suhu dalam skala Reamur ke dalam skala Celcius
|
PG
|
6
|
|||
VII
|
Suhu dan
Pengukuran-nya
|
Membandingkan
skala te-rmometer Celcius dengan termometer
lainnya
|
Dengan
menggunakan per-samaan toC = 5/9 (toF-32),
siswa dapat menghitung suhu dalam skala Fahrenheit ke dalam skala Celcius
|
ESSAY
|
41
|
|||
1.3. Melakukan
peng-ukuran dasar seca-ra teliti dengan menggunkan alat
ukur yang sesuai dan sering diguna-kan dalam kehidup-an sehari-hari
|
VII
|
Pengukuran
|
Mengukur
satuan baku dan tak baku secara baik dn benar
|
Disediakan
beberapa contoh satuan, siswa dapat menentukan contoh satuan tidak baku
|
PG
|
7
|
||
VII
|
Pengukuran
|
Mengukur
satuan baku dan tak baku secara baik dn benar
|
Siswa dapat menentukan volume benda tidak
beraturan dengan benar
|
PG
|
8
|
|||
2.
|
Memahami klasifikasi zat
|
2.1. Mengelompokan sifat larutan
asam, larutan basa, dan indikator yang tepat
|
VII
|
Pengukuran
|
Mengukur
satuan baku dan tak baku secara baik dn benar
|
Disediakan beberapa contoh alat ukur panjang,
siswa dapat menentukan alat ukur panjang dengan ketelitian 0,01 cm
|
PG
|
9
|
VII
|
Asam,
Basa, dan Garam
|
Mengidentifikasi sifat asam, basa, dan garam
dengan menggunakan indikator yang sesuai
|
Siswa dapat menentukan sifat kebasaan suatu zat
|
PG
|
10
|
|||
VII
|
Asam,
Basa, dan Garam
|
Mengidentifikasi sifat asam, basa, dan garam
dengan menggunakan indikator yang sesuai
|
Siswa
dapat menentukan sifat basa suatu zat dengan mengidentifikasi perubahan warna
pada kertas lakmus
|
PG
|
11
|
|||
VII
|
Asam,
Basa, dan Garam
|
Mengelompokan
bahan-bahan dilingkungan sekitr berdasarkan konsep asam,basa, dan garam
|
Diberikan
beberapa contoh bahan-bahan dari lingkungan sekitar, siswa dapat menentukan
bahan-bahan yang termasuk garam
|
PG
|
12
|
|||
VII
|
Asam,
Basa, dan Garam
|
Mengelompokan
bahan-bahan dilingkungan sekitr berdasarkan konsep asam,basa, dan garam
|
Diberikan
beberapa contoh bahan-bahan dari lingkungan sekitar, siswa dapat menentukan
bahan-bahan yang termasuk asam
|
PG
|
13
|
|||
VII
|
Asam,
Basa, dan Garam
|
Mendata contoh kelainan dan
penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot serta upaya mengatasinya
|
Siswa
dapat menunjukkan indi-kator
alami untuk menentukan sifat keasaman suatu larutan
|
PG
|
14
|
|||
|
|
2.2. Menjelaskan sifat unsur
senyawa dan campuran
|
VII
|
Unsur
Kimia
|
Menjelaskan
pengertian unsur
|
Siswa dapat menjelaskan
pe-ngertian unsur
|
PG
|
15
|
VII
|
Unsur Kimia
|
Menuliskan
nama dan lambang unsur
|
Diberikan
beberapa teori penulisan lambang unsur, siswa dapat menentukan aturan
penulisan lambang unsur dengan benar
|
PG
|
16
|
|||
VII
|
Unsur
Kimia
|
Menentukan
nama senyawa dan rumus kimia sederhana
|
Siswa dapat menentukan nama dan rumus
kimia suatu senyawa
|
PG
|
17
|
|||
|
|
2.3. Membandingkan sifat unsur
senyawa dan campuran
|
VII
|
Unsur
Senyawa dan Campuran
|
Membandingkan sifat unsur senyawa dan
campuran berdasarkan pengamatan
|
Siswa dapat membedakan antara
sifat unsur dan sifat senyawa dengan benar
|
PG
|
18
|
VII
|
Unsur
Senyawa dan Campuran
|
Membandingkan sifat unsur senyawa dan
campuran berdasarkan pengamatan
|
Diberikan
beberapa contoh senyawa, siswa dapat menunjukkan contoh senyawa dengan benar
|
ESSAY
|
42
|
|||
VII
|
Unsur
Senyawa dan Campuran
|
Mengelompokan
zat-zat ke dalam campuran homo-gen dan
heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa
dapat menjelaskan pe-ngertian campuran homogen
dengan benar
|
PG
|
19
|
|||
VII
|
Unsur
Senyawa dan Campuran
|
Mengelompokan
zat-zat ke dalam campuran homo-gen dan heterogen
dalam kehidupan sehari-hari
|
Diberikan
beberapa contoh. Siswa dapat menentukan contoh campuran heterogen
dengan benar
|
PG
|
20
|
|||
3.
|
Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.1. Menyelidiki
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan pe-nerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
VII
|
Wujud
Zat
|
Menyelidiki
perubahan wujud suatu zat
|
Siswa
dapat menunjukkan peru-bahan wujud zat
melalui diagram
|
ESSAY
|
43
|
VII
|
Wujud
Zat
|
Menuliskan
susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui pena-laran
|
Siswa
dapat menentukan susun-an gerak
partikel zat padat
|
PG
|
21
|
|||
VII
|
Wujud
Zat
|
Menafsirkan
susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui pena-laran
|
Siswa
dapat menentukan sifatl gas
|
PG
|
22
|
|||
VII
|
Wujud
Zat
|
Membedakan
kohesi dan adhesi berdasarkan peng-gunaannya
|
Siswa dapat menjelaskan akibat
yang ditimbulkan oleh adanya kohesi dan adhesi
|
PG
|
23
|
|||
VII
|
Wujud
Zat
|
Membedakan
kohesi dan adhesi berdasarkan peng-gunaannya
|
Siswa
dapat memberikan contoh kohesi lebih besar dari adhesi
|
PG
|
24
|
|||
VII
|
Wujud
Zat
|
Mengaitkan
peristiwa kapi-laritas dalam kehidupan sehari-hari
|
Diberikan
contoh-contoh peristi-wa kapilaritas, siswa dapat
menunjukkan contoh peristiwa kapilaritas dengan tepat
|
PG
|
25
|
|||
|
|
3.2. Melakukan percobaan yang
berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
|
VII
|
Pemuaian
Zat
|
Menyelidiki
proses pemuai-an pada zat padat, cair, dan gas
|
Siswa
dapat menunjukkan contoh pemuaian zat padat dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
26
|
VII
|
Pemuaian
Zat
|
Menunjukkan
prinsip pemu-aian dalam teknologi misalnya
bimetal
|
Siswa
dapat menunjukkan contoh alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip kerja
bimetal
|
PG
|
27
|
|||
3.3. Mendeskripsikan
konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
|
VII
|
Massa Jenis
|
Menghitung massa jenis suatu zat
|
Siswa dapat meghitung massa
jenis suatu benda dengan menggunakan persamaan ρ = m/v.
|
PG
|
28
|
||
3.4. Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta pene-rapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
VII
|
Kalor
|
Menyelidiki
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat
|
Siswa
dapat menunjukkan contoh perubahan
wujud zat yang melepas kalor
|
PG
|
29
|
||
VII
|
Kalor
|
Menyelidiki
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat
|
Siswa
dapat menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi jumlah kalor yang dibutuhkan benda untuk menaikkan suhu.
|
PG
|
30
|
|||
VII
|
Kalor
|
Meyelidiki
faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
|
Siswa
dapat memberikan contoh cara-cara mempercepat penguapan
|
PG
|
31
|
|||
VII
|
Kalor
|
Menerapkan
hubungan Q=m.c.∆t, Q=m.U dan Q=m.L untuk menyelesaikan masalah sederhana
|
Diberikan
persamaan Q=m.L, siswa dapat menghitung besarnya kalor yang diperlukan untuk
mencairkan suatu zat
|
PG
|
32
|
|||
VII
|
Kalor
|
Menyelidiki kalor yang dibutuhkan
pada saat mendidih dan melebur
|
Siswa dapat menentukan penyebab
kecepatan mendidihnya air pada tempat yang berbeda tekanan
|
PG
|
33
|
|||
VII
|
Kalor
|
Menerapkan
hubungan Q=m.c.∆t, Q=m.U dan Q=m.L untuk menyelesai-kan masalah sederhana
|
Diberikan
persamaan Q=m.c.∆t, siswa dapat menghitung besarnya kalor yang diperlukan
untuk memanaskan benda
|
ESSAY
|
44
|
|||
4.
|
Memahami ber-bagai sifat dalam fisika dan kimia
|
4.1. Membandingkan sifat fisika
dan sifat kimia zat
|
VII
|
Sifat
Fisika dan Sifat Kimia
|
Membandingkan
hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia
|
Siswa dapat menunjukkan gejala
yang menyertai perubahan kimia pada suatu zat
|
PG
|
34
|
VII
|
Sifat
Fisika dan Sifat Kimia
|
Mengklasifikasikan
peru-bahan fisika dan peru-bahan kimia dalam kehi-dupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya
|
Siswa
dapat memberikan contoh perubahan fisika dalam kehi-dupan sehari-hari
|
PG
|
35
|
|||
VII
|
Sifat
Fisika dan Sifat Kimia
|
Mengklasifikasikan
peru-bahan fisika dan peru-bahan kimia dalam kehi-dupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya
|
Siswa
dapat memberikan contoh perubahan kimia dalam kehi-dupan sehari-hari
|
ESSAY
|
45
|
|||
4.2. Melakukan pemisahan campuran
dengan berbagai cara ber-dasarkan
sifat fisika dan sifat kimia
|
VII
|
Pemisahan
Campuran
|
Menjelaskan
dasar pemi-sahan campuran berdasar-kan ukuran partikel dan titik didih
|
Siswa
dapat menjelaskan pemi-sahan
campuran berdasarkan titik didih
|
PG
|
36
|
||
VII
|
Pemisahan
Campuran
|
Menjelaskan
dasar pemi-sahan campuran berdasar-kan ukuran partikel dan titik didih
|
Siswa
dapat menjelaskan pemi-sahan
campuran dengan cara kristalisasi
|
PG
|
37
|
|||
4.3. Menyimpulkan pe-rubahan fisika dan kimia berdasrkan hasil percobaan
sementara
|
VII
|
Perubahan
Fisika dan Perubahan Kimia
|
Membuat
kesimpulan dari hasil perobaan perubahan fisika dan kimia
|
Siswa
dapat menjelaskan yang dimaksud perubahan kimia
|
PG
|
38
|
||
VII
|
Perubahan
Fisika dan Perubahan Kimia
|
Membuat
kesimpulan dari hasil perobaan perubahan fisika dan kimia
|
Siswa
dapat menjelaskan yang dimaksud perubahan fisika
|
PG
|
39
|
|||
4.4. Mengidentifikasi ter-jadinya reaksi kimia melalui
percobaan sederhana
|
VII
|
Reaksi
Kimia
|
Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya
reaksi kimia berdasarkan perubahan suhu dan warna
|
Siswa
dapat menyebutkan ciri reksi kimia
berdasarkan perunahan suhu dan warna
|
PG
|
40
|
KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER MADRASAH TSANAWIYAH
Tahun Pelajaran : 2011
/ 2012
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Alokasi Waktu : 120
Menit
Jumlah Soal : 45 Soal ( a.
PG.: 40, b. Essay : 5 )
No.
Urut
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
No. SOAL
|
|
PENCAPAIAN
|
SOAL
|
|||||||
1.
|
Memahami per-tumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup
|
1.4.
Menganalisis pen-tingnya pertumbuh-an dan perkem-bangan
makhluk hidup
|
VIII
|
Pertumbuhan dan Per-kembangan
|
Menuliskan faktor-faktor yang
mempengaruhi per-tumbuhan dan perkem-bangan mahluk hidup
|
Siswa dapat menyebutkan dua
faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
|
PG
|
1
|
VIII
|
Pertumbuhan dan Per-kembangan
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi per-tumbuhan dan perkem-bangan
mahluk hidup
|
Siswa dapat menyebutkan faktor
eksternal yang mendukung per-tumbuhan dan perkembangan makhluk hidup/tumbuhan
|
PG
|
2
|
|||
VIII
|
Pertumbuhan dan Per-kembangan
|
Menyimpulkan perbeda-an
pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup
|
Siswa dapat menuliskan perbeda-an
pertumbuhan dan perkem-bangan dengan tepat
|
ESSAy
|
41
|
|||
VIII
|
Pertumbuhan dan Per-kembangan
|
Membandingkan proses
metamorfosis dan meta-genis secara sederhana
|
Siswa dapat menentukan tahap-an
metamorfosis sempurna pada kupu-kupu dengan benar
|
PG
|
3
|
|||
|
|
1.5.
Mendeskripsikan ta-hapan perkem-bangan manusia
|
VIII
|
Perkembangan Manusia
|
Mendeskripsikan tahapan
perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
|
Siswa dapat menunjukan tahap-an
perkembangan manusia secara sempurna
|
PG
|
4
|
|
|
|
VIII
|
Perkembangan Manusia
|
Membedakan ciri anak-anak dan
remaja
|
Disediakan ciri-ciri perkembang-an masa anak-anak dan
remaja, siswa dapat menunjukan perbedaan ciri-ciri perkembang-an antara masa
anak-anak dan masa remaja dengan benar
|
PG
|
5
|
VIII
|
Perkembangan Manusia
|
Membedakan ciri anak-anak dan
remaja
|
Siswa dapat menunjukan ciri-ciri
perubahan laki-laki pada masa pubertas
|
PG
|
6
|
|||
|
Memahami per-tumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
|
1.3. Mendeskipsikan sis-tem gerak pada manusia dan hu-bungannya dengan
kesehatan
|
VIII
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Membedakan fungsi tu-lang rawan,
tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
tulang rawan
|
PG
|
7
|
VIII
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Membedakan fungsi tu-lang rawan,
tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh
|
Disajikan ciri-ciri otot, Siswa
dapat menunjukkan ciri otat polos
|
PG
|
8
|
|||
VIII
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Membedakan fungsi tu-lang rawan,
tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh
|
Disediakan gambar susunan tulang
rusuk manusia, siswa dapat menunjuk-kan salah satu jenis tulang rusuk dengan
benar
|
PG
|
9
|
|||
VIII
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Mengidentifikasikan macam sendi
dan fungsi
|
Siswa dapat memberikan contoh
sambungan organ yang termasuk sendi peluru
|
PG
|
10
|
|||
VIII
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Mendata contoh kelainan dan
penyakit yang ber-kaitan dengan tulang dan otot serta upaya menga-tasinya
|
Disajikan beberapa gambar posisi
tulang belakang, siswa dapat menunjukan skoliosis
|
PG
|
11
|
|||
|
|
1.4. Mendeskipsikan sis-tem pencernaan pada manusia dan hubungannya de-ngan
kesehatan
|
VIII
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Membedakan antara saluran
pencernaan dan kelenjar percernaan seba-gai penyususn sistem pen-cernaan pada
manusia
|
Siswa dapat menentukan pencernaan secara berurutan enzim yang
mengubah glukosa menjadi amilum
|
PG
|
12
|
VIII
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Membandingkan pencer-naan
mekanik dan kimiawi
|
Siswa dapat menunjukan perbe-daan
tempat pencernaan mekanik dan kimiawai degan benar
|
PG
|
13
|
|||
VIII
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Membandingkan pencer-naan
mekanik dan kimiawi
|
Siswa dapat menuliskan fungsi
usus halus pada sistem pencernaan
|
PG
|
14
|
|||
VIII
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Mengnyebutkan fungsi zat makanan
|
Siswa dapat menyebutkan fungsi
protein yang dikandung makanan
|
PG
|
15
|
|||
VIII
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Menyebutkan contohke-lainan dan
penyakit pada sistem pencernaan serta upaya mengatasinya
|
Siswa dapat menuliskan penyebab penyakit
gastritis pada sistem pencernaan
|
PG
|
16
|
|||
|
|
1.5. Mendeskripsikan sis-tem pernapasan pada manusia dan hubungannya
de-ngan kesehatan
|
VIII
|
Sistem Pernapasan pada Manusia
|
Membandingkan macam organ
penyususn sistem pernapasan pada manu-sia
|
Disediakan nama organ per-napasan
manusia, siswa dapat menunjukan urutan sistem per-napasan manusia dengan
benar
|
ESSAY
|
42
|
VIII
|
Sistem Pernapasan pada Manusia
|
Mendata contoh penyakit pada
sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya
|
Siswa dapat menuliskan tiga contoh penyakit pada sistem pernapasan
manusia
|
PG
|
17
|
|||
|
|
1.6. Mendeskripsikan
sis-tem peredaran darah pada manu-sia dan hubungan-nya dengan kese-hatan
|
VIII
|
Sistem Peredaran Darah pada
Manusia
|
Membandingkan macam-macam organ
penyusun sistem peredaran darah pada manusia
|
Siswa dapat menuliskan organ
penyusun sistem peredaran darah pada manusia
|
PG
|
18
|
VIII
|
Sistem Peredaran Darah pada
Manusia
|
Membandingkan macam-macam organ
penyusun sistem peredaran darah pada manusia
|
Siswa dapat menuliskan kompo-nen-komponen
darah pada manusia
|
PG
|
19
|
|||
VIII
|
Sistem Peredaran Darah pada
Manusia
|
Menjelaskan fungsi jan-tung,
fungsi pembuluh darah, dan darah dalam sistem peredaran darah
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
sel darah pada tubuh manusia
|
PG
|
20
|
|||
VIII
|
Sistem Peredaran Darah pada
Manusia
|
Menjelaskan fungsi jan-tung,
fungsi pembuluh darah, dan darah dalam sistem peredaran darah
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi trombosit
pada tubuh manusia
|
PG
|
21
|
|||
VIII
|
Sistem Peredaran Darah pada
Manusia
|
Mendata contoh penyakit yang
berhubungan de-ngan sistem peredaran darah yang biasa dijum-pai dalam
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menuliskan contoh
penyakit pada sistem peredaran darah manusia
|
PG
|
22
|
|||
2.
|
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1. Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
VIII
|
Struktur dan Fungsi Jaringan
Tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan di akar, batang, dan daun
|
Siswa dapat menjelaskan Fungsi
salah satu pembuluh pada kayu (Floem)
|
PG
|
23
|
VIII
|
Struktur dan Fungsi Jaringan
Tumbuhan
|
Menunjukan letak epidermis,
korteks, dan stele pada tumbuhan
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menunjukan letak konteks pada tumbuhan (Stomata)
|
PG
|
24
|
|||
VIII
|
Struktur dan Fungsi Jaringan
Tumbuhan
|
Menjelaskan fungsi jaringan
tertentu yang dijumpai pada tumbuhan
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
jaringan tertentu pada tumbuhan
|
PG
|
25
|
|||
2.2. Mengidentifikasi proses perolehan nutrisi dan transfor-masi
energi pada tumbuhan hijau
|
VIII
|
Fotosintesis
|
Menunjukan bagian daun yang
berperan dalam fotosintesis
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menunjukan bagian daun yang berperan dalam penyimpanan cadangan makanan
|
PG
|
26
|
||
VIII
|
Fotosintesis
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi fotosintesis
|
Siswa dapat menjelaskan reaksi
fotosintesis
|
PG
|
27
|
|||
2.3. Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tum-buhan
|
VIII
|
Gerak Tumbuhan
|
Mendeskripsikan macam-macam
gerak pada tumbuhan
|
Siswa dapat menentukan
macam-macam gerak pada tumbuhan (putri malu)
|
PG
|
28
|
||
VIII
|
Gerak Tumbuhan
|
Menjelaskan perbedaan gerak
tropisme dengan gerak nasti
|
Siswa dapat menyebutkan contoh
gerak tropisme
|
PG
|
29
|
|||
2.4. Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tum-buhan yang
dijum-pai dalam kehidup-an sehari-hari
|
VIII
|
Hama dan Penyakit pada Tumbuhan
|
Menjelaskan perbedaan hama dan
penyakit
|
Siswa dapat menyebutkan 3
penyakit yang menyerang tumbuhan pertanian
|
ESSAY
|
43
|
||
3.
|
Menjelaskan kon-sep partikel
materi
|
3.1. Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
|
VIII
|
Atom, Ion, dan Molekul
|
Mendefinisikan pengertian
partikel materi (atom, ion, dan molekul)
|
Siswa dapat mendefinisikan
pengertian atom
|
PG
|
30
|
VIII
|
Atom, Ion, dan Molekul
|
Mendefinisikan pengertian
partikel materi (atom, ion, dan molekul)
|
Siswa dapat mendefinisikan
pengertian molekul
|
PG
|
31
|
|||
3.2. Menghubungkan konsep atom, ion,
dan molekul de-ngan produk kimia sehari-hari
|
VIII
|
Hubungan Atom, Ion, dan Molekul
dengan Produk Kimia
|
Mendeskripsikan kompo-nen
penyusun salah satu produk kimia
|
Siswa dapat menentukan jumlah
atom penyusun suatu senyawa
|
PG
|
32
|
||
3.3. Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
|
VIII
|
Perbandingan Molekul Unsur dan
Molekul Senyawa
|
Menuliskan rumus kimia molekul
unsur dan molekul senyawa
|
Siswa dapat menuliskan rumus
kimia molekul unsur
|
PG
|
33
|
||
VIII
|
Perbandingan Molekul Unsur dan
Molekul Senyawa
|
Menunjukkan beberapa contoh
molekuk seder-hana dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menunjukkan contoh
molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari (garam dapur)
|
ESSAY
|
44
|
|||
4.
|
Memahami bahan kimia dalam kehi-dupan
|
4.1. Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
VIII
|
Kimia Rumah Tangga
|
Menyebutkan bahan-bahan kimia
yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menyebutkan
bahan-bahan alam yang sering digunakan dalam pembuatan makanan
|
PG
|
34
|
VIII
|
Kimia Rumah Tangga
|
Menjelaskan efek samping bahan
kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
|
Siswa dapat menjelaskan efek
samping bahan kimia dalam salah satu produk kebutuhan rumah tangga
|
ESSAY
|
45
|
|||
4.2. Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
VIII
|
Bahan Kimia Alami dan Buatan
|
Menjelaskan bahan-bahan kimia
alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan
pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan
kemasan
|
Siswa dapat mejelaskan bahan
kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pengawet yang terdapat dalam
bahan makanan kemasan
|
PG
|
35
|
||
4.3. Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia
buatan dalam kemasan yang terdapat pada bahan makanan
|
VIII
|
Bahan Kimia Alami dan Buatan
|
Menunjukkan contoh makanan yang
menggunakan bahan kimia alami dan buatan
|
Siswa dapat menunjukkan contoh
makanan yang menggunakan bahan kimia buatan
|
PG
|
36
|
||
4.4. Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psiko-tropika
|
VIII
|
Zat Adiktif dan Psiko-tropika
|
Menjelaskan pengertian zat
adiktif dan psikotropika
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian zat adiktif
|
PG
|
37
|
||
VIII
|
Zat Adiktif dan Psiko-tropika
|
Menjelaskan dampak ne-gatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan
psikotropika bagi kesehat-an, ekonomi, dan sosial
|
Siswa
dapat menjelaskan dampak negatif dari rokok bagi kesehatan manusia
|
PG
|
38
|
|||
VIII
|
Cara Menghindari Diri dari Pengaruh
Zat Adiktif dan Psikotropika
|
Menjelaskan cara meng-hindari
diri dari zat adiktif (rokok dan minuma keras) dan psikotropika
|
Siswa
dapat menjelaskan cara menghindari diri dari zat adiktif
|
PG
|
39
|
|||
VIII
|
Cara Menghindari Diri dari
Pengaruh Zat Adiktif dan Psikotropika
|
Mendata
zat adiktif dan psikotropika yang digu-nakan
dibidang kesehat-an
|
Siswa
dapat menunjukkan zat adiktif yang digunakan dalam bidang kesehatan (alkohol)
|
PG
|
40
|
KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER MADRASAH TSANAWIYAH
Tahun Pelajaran : 2011
/ 2012
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : IX
/ 1
Alokasi Waktu : 120
Menit
Jumlah Soal : 45 Soal ( a.
PG.: 40, b. Essay : 5 )
No.
Urut
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
No.
SOAL
|
|
PENCAPAIAN
|
SOAL
|
|||||||
1.
|
Memahami ber-bagai sistem dalam
kehidupan manusia
|
1.6.
Mendeskripsikan sis-tem ekskresi pada manusia dan
hubu-ngannya dengan kesehatan
|
IX
|
Sistem Ekskresi pada manusia dan
hubungan-nya dengan kesehatan
|
Mendeskripsikan bentuk/ bangunan
organ-organ penyususn sistem ekskresi pada manusia
|
Siswa dapat menyebutkan salah
satu bentuk organ penyususn sistem ekskresi pada manusia
|
PG
|
1
|
IX
|
Sistem Ekskresi pada manusia dan
hubungan-nya dengan kesehatan
|
Mendeskripsikan fungsi sis-tem
ekskresi
|
Siswa dapat menjelaskan tahap
pembentukan urine pada ginjal
|
PG
|
2
|
|||
IX
|
Sistem Ekskresi pada ma-nusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Mendeskripsikan fungsi sistem
ekskresi
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi hati
|
ESSAY
|
41
|
|||
IX
|
Sistem Ekskresi pada manusia dan
hubungan-nya dengan kesehatan
|
Mendata contoh kelaian dan
penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
dan upaya mengatasinya
|
Siswa dapat memberikan contoh
penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
3
|
|||
1.7.
Mendeskripsikan sis-tem reproduksi dan penyakit yang
ber-hubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
|
IX
|
Sistem reproduksi dan penyakit
yang berhu-bungan dengan sistem reproduksi pada manu-sia
|
Menyebutkan macam-macam organ
penyususn sistem reproduksi pada manusia
|
Siswa dapat menunjukkan susunan
saluran reproduksi pada Laki-laki
|
PG
|
4
|
||
IX
|
Sistem reproduksi dan penyakit
yang berhu-bungan dengan sistem reproduksi pada manu-sia
|
Mendeskripsikan fungsi sis-tem
reproduksi
|
Siswa dapta menjelaskan salah
satu fungsi sistem reproduksi laki-laki
|
PG
|
5
|
|||
IX
|
Sistem reproduksi dan penyakit
yang berhu-bungan dengan sistem reproduksi pada manu-sia
|
Mendeskripsikan fungsi sis-tem
reproduksi
|
Siswa dapat menjelaskan salah
satu fungsi sistem reproduksi perempuan
|
PG
|
6
|
|||
IX
|
Sistem reproduksi dan penyakit
yang berhu-bungan dengan sistem reproduksi pada manu-sia
|
Menyadari pentingnya menjaga
kesehatan organ sistem reproduksi
|
Siswa dapat menunjukkan penyakit
yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia
|
PG
|
7
|
|||
1.8.
Mendeskipsikan sis-tem koordinasi dan alat indera
pada manusia dan hu-bungannya de-ngan kesehatan
|
IX
|
Sistem koordinasi dan alat
indera pada manu-sia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Membandingkan bentuk/ bangun
bagian organ dan atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menunjukkan bagian organ penyususn sistem syaraf pada manusia
|
PG
|
8
|
||
IX
|
Sistem koordinasi dan alat indera pada manu-sia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
Mendeskripsikan fungsi otak,
fungsi sumsum tulang belakang, dan sel syaraf dalam sistem koordinasi
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
sumsum tulang belakang
|
PG
|
9
|
|||
IX
|
Sistem koordinasi dan alat
indera pada manu-sia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Mendeskripsikan fungsi otak,
fungsi sumsum tulang belakang, dan sel syaraf dalam sistem koordinasi
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
sistem syaraf
|
ESSAY
|
42
|
|||
IX
|
Sistem koordinasi dan alat
indera pada manu-sia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Mendeskripsikan fungsi otak,
fungsi sumsum tulang belakang, dan sel syaraf dalam sistem koordinasi
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
sel syaraf sensorik
dalam sistem koordinasi
|
PG
|
10
|
|||
IX
|
Sistem koordinasi dan alat
indera pada manu-sia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Menunjukkan bagian-bagian alat
indera dan fungsinya
|
Disajikan gambar, siswa dapt
menunjukkan bagian-bagian mata
|
PG
|
11
|
|||
|
|
IX
|
Sistem koordinasi dan alat
indera pada manu-sia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Menunjukkan bagian-bagian alat
indera dan fungsinya
|
Disajikan gambar, siswa dapt
menunjukkan bagian lidah yang peka terhadap rasa asam
|
PG
|
12
|
|
IX
|
Sistem koordinasi dan alat
indera pada manu-sia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Mendata contoh kelaian dan
penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan gambar, Siswa dapat
menunjukkan contoh kelainan pada mata yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari
|
PG
|
13
|
|||
2.
|
Memahami
kelangsungan hidup mahluk hidup
|
2.2. Mengidentifikasi ke-langsungan hidup mahluk hidup me-lalui
adaptasi, se-leksi alam, dan pe-ngembangbiakan
|
IX
|
Kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui adaptasi, seleksi alam, dan pengembangbiak-an
|
Mengaitkan prilaku adap-tasi
hewan tertentu di lingkungannya dengan kelangsungan hidup
|
Siswa dapat menunjukkan prilaku
adaptasi hewan tertentu di lingkungan darat dalam kelangsungan hidup
|
PG
|
14
|
IX
|
Kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui adaptasi, seleksi alam, dan pengembangbiak-an
|
Mengaitkan prilaku adap-tasi
hewan tertentu di lingkungannya dengan kelangsungan hidup
|
Siswa dapat menunjukkan prilaku
adaptasi hewan tertentu di lingkungan air dengan kelangsungan hidup
|
PG
|
15
|
|||
IX
|
Kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui adaptasi, seleksi alam, dan pengembangbiak-an
|
Memprediksikan punah-nya
beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan
yang dimiliki
|
Siswa dapat menjelskan punah-nya
beberapa jenis mahluk hidup akibat seleksi alam
|
PG
|
16
|
|||
IX
|
Kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui adaptasi, seleksi alam, dan pengembangbiak-an
|
Menjelaskan peran
perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
|
Siswa dapat menjelaskan jenis
perkembangbiakan bagi kelang-sungan hidup
|
PG
|
17
|
|||
IX
|
Kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui adaptasi, seleksi alam, dan pengembangbiak-an
|
Mendeskripsikan cara
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
|
Siswa dapat menjelaskan jenis
perkembangbiakan pada tum-buhan
|
PG
|
18
|
|||
IX
|
Kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui adaptasi, seleksi alam, dan pengembangbiak-an
|
Mendeskripsikan cara
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
|
Siswa dapat menjelaskan
jenis perkembangbiakan pada hewan
|
PG
|
19
|
|||
2.2. Mendeskripsikan
konsep pewarisan sifat pada mahluk hidup
|
IX
|
Konsep pewarisan sifat pada
mahluk hidup
|
Mendeskripsikan materi genetis
yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat(gen, kromosom)
|
Siswa dapat menjelaskan materi
genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat
|
PG
|
20
|
||
IX
|
Konsep pewarisan sifat pada
mahluk hidup
|
Membedakan pengertian sifat
resesif dominan dan intermediet
|
Siswa dapat menentukan sifat
intermediet pada sebuah persilangan
|
PG
|
21
|
|||
2.3. Mendeskripsikan sis-tem peredaran da-rah pada manusia dan
hubungannya dengan kese-hatan
|
IX
|
Proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat beserta penerapannya
|
Menentukan gamet dari genotip
tertua/induk
|
Siswa dapat menentukan gamet
dari genotip tertua/induk
|
ESSAY
|
43
|
||
IX
|
Proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat beserta penerapannya
|
Menentukan rasio hasil
persilangan monohibrida dan hibrida melalui bagan
|
Disediakan bagan hasil persilang-an,
siswa dapat menentukan rasio persilangan satu sifat beda
|
PG
|
22
|
|||
2.4. Mendeskripsikan
penerapan biotek-nologi dalam men-dukung kelang-sungan hidup manusia
|
IX
|
Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
|
Mendefinisikan pengertian bioteknologi
|
Siswa dapat menjelaskan penger-tian bioteknologi
|
PG
|
23
|
||
IX
|
Penerapan bioteknologi dalam mendukung ke-langsungan hidup ma-nusia melalui produksi pangan
|
Mendeskripsikan keuntung-an pemanfaatan biotek-nologi dalam produksi pangan
|
Siswa dapat menentukan keun-tungan pemanfaatan biotekno-logi dalam produksi pangan
|
PG
|
24
|
|||
IX
|
Penerapan bioteknologi dalam mendukung ke-langsungan hidup ma-nusia melalui produksi pangan
|
Mendata produk-produk bioteknologi konvensional di lingkungan sekitar
|
Siswa dapat menunjukkan produk bioteknologi konvensional di lingkungan sekitar
|
PG
|
25
|
|||
3.
|
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
|
IX
|
Listrik statis
|
Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dilakukan dengan cara tertentu
|
Siswa dapat menjelaskan benda dapat bermuatan listrik dengan cara gosokan
|
PG
|
26
|
IX
|
Listrik statis
|
Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
|
Siswa dapat memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
|
|
|
|||
IX
|
Listrik statis
|
Menjelaskan secara kwa-litatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik
|
![]()
F = k ,siswa
dapat menentukan besarnya gaya listrik
|
PG
|
27
|
|||
3.2. Menganalisis percobaan listrik di-namis dalam suatu rangkaian serta pe-nerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
IX
|
Listrik dinamis
|
Menjelaskan konsep arus listrik dan benda potensial listrik
|
Siswa dapat menjelaskan konsep arus listrik
|
PG
|
28
|
||
IX
|
Listrik dinamis
|
Mejelaskan konsep arus listrik dan benda potensial listrik
|
Siswa dapat menjelaskan konsep beda potensial
|
PG
|
29
|
|||
IX
|
Listrik dinamis
|
menggambarkan arus listrik dan benda potensial dalam bentuk tabel dan grafik
|
Disajikan tabel beda potensisal dan kuat arus listrik serta 4 buah grafik hubungan beda potensial dan kuat arus listrik, siswa dapat menunjukkan grafik hubungan beda potensial dan kuat arus listrik dengan tepat
|
PG
|
30
|
|||
IX
|
Listrik dinamis
|
Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang konduktor dan isolator, siswa dapat menunjukkan perbedaan konduktor dan isolator
|
PG
|
31
|
|||
IX
|
Listrik dinamis
|
Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk meng-hitung V dan I dalam rangkaian
|
Disajikan gambar rangkaian, siswa dapat menghitung besarnya I dengan menggunakan Hukum Kirchoff I
|
PG
|
32
|
|||
IX
|
Listrik dinamis
|
Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan pararel
|
Disajikan gambar rangkaian hambatan pararel dan seri, siswa dapat menghitung besarnya hambatan pegganti
|
ESSAY
|
44
|
|||
3.3. Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik
yang ditimbulkannya ser-ta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
IX
|
Arus listrik
|
Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian gaya gerak listrik (GGL)
|
PG
|
33
|
||
IX
|
Arus listrik
|
Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen primer dan sekunder
|
Siswa dapat menjelaskan susnan elemen skunder (accumulator)
|
PG
|
34
|
|||
IX
|
Arus listrik
|
Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen primer dan sekunder
|
Disajikan gambar, Siswa dapat menunjukan susunan elemen primer (elemen kering)
|
PG
|
35
|
|||
3.4. Mendeskripsikan hu-bungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
IX
|
Energi dan daya listrik
|
Menjelaskan hubungan V, I dengan energi listrik yang digunakan
|
Disajikan persamaan V = I.R, siswa dapat menghitung besarnya
beda potensial ujung-ujung rangkaian
|
PG
|
36
|
||
IX
|
Energi dan daya listrik
|
Menjelaskan hubungan V, I dengan energi listrik yang digunakan
|
Melalui persamaan W=V.I.t, siswa dapat menghitung besarnya energi yang digunakan
|
PG
|
37
|
|||
IX
|
Energi dan daya listrik
|
Menjelaskan hubungan antara daya listrik, energi listrik, dan satuannya (kWh dan Joule)
|
Siswa dapat menghitung besarnya daya listrik jika energi listrik dan waktu diketahui
|
PG
|
38
|
|||
IX
|
Energi dan daya listrik
|
Menjelaskan hubungan antara daya listrik, energi listrik, dan satuannya (kWh dan Joule)
|
Siswa dapat mengkonversi satuan kWh menjadi Joule
|
PG
|
39
|
|||
IX
|
Energi dan daya listrik
|
Menerapkan konsep ener-gi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik dirumah tangga berdasarkan angka yang tertera dalam Kwh meter
|
Siswa dapat menghitung besarnya biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan jika daya listrik, lama penggunaan listrik, energi listrik, dan harga tiap kWh diketahui
|
ESSAY
|
45
|
|||
IX
|
Energi dan daya listrik
|
Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain
|
Siswa dapat menunjukan contoh perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain
|
PG
|
40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar