RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
|
Identitas
Mata Pelajaran
|
|
||||
|
1.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMA Negeri 2 Ciamis
|
||
|
2.
|
Kelas
|
:
|
XI
|
||
|
3.
|
Semester
|
:
|
Ganjil
|
||
|
4.
|
Program
|
:
|
IPA
|
||
|
5.
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
||
|
6.
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
1 pertemuan
|
||
|
|
|
|
|
||
II.
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2
|
Memahami keterkaitan antara struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks
Salingtemas.
|
||
III.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
2.1
|
Mengidentifikasi
struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan
sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
|
||
IV.
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
:
|
|
·
Describe the structure of xylem vessel elements,sieve tube elements
and companion cells and be able to recognise these using the light microscope.
·
Describe the structure of xylem and phloem tissue in
roots, stems and leaves of dicotyledonnous plants.
|
||
V.
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
|
·
By observe using the light microscope, students can
describe the structure of xylem vessel
elements,sieve tube elements and companion cells and be able to recognise
these
·
By study the pictures students can describe the
structure of xylem and phloem tissue in roots, stems and leaves of
dicotyledonnous plants.
|
||
VI.
|
Materi
ajar
|
:
|
·
Jaringan
tumbuhan terdiri dari jaringan meristem, epidermis, klorenkim, parenkim,
sklerenkim, kolenkim, xilem dan floem.
|
|||
VII.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
x 45 menit
|
|||
VIII.
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Pendekatan keterampilan proses
Metode eksperimen, diskusi, tanya jawab
Model Biological Science Inquiry
Model
STAD (student Team Achievement Division)
|
|||
IX.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|||
No
|
Kegiatan
Belajar Mengajar
|
Waktu
|
Pendikar yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
Mengucapkan
salam
Berdoa sebelum pembelajaran Biologi
Mengecek
kehadiran siswa
|
10”
|
Religius
|
|
Apersepsi:
Pada
pertemuan yang lalu kamu sudah mengenal perbedaan berbagai jaringan pada
tumbuhan. Bagaimana kamu bisa secara cepat mengenali suatu jaringan adalah
xylem atau phloem?
|
2’50”
|
Rasa
ingin tahu
|
|
Motivasi:
Apakah xylem merupakan sel-sel mati,
sedangkan sel tapis merupakan sel-sel hidup?
|
2’
|
Rasa
ingin tahu
|
2
|
Kegiatan Inti
|
70’
|
|
|
Kegiatan Inti
(ekplorasi-elaborasi-konfirmasi)
a.
Fase satu, mengemukakan
area investigasi kepada siswa (area of investigation is posed to student).
·
Amati struktur jaringan xylem,
phloem, dan sel pengiring menggunakan mikroskop cahaya/elektrik.
·
Temukan tanda pengenal pada xylem, phloem, dan sel
pengiring yang memudahkan untuk
mengenalinya.
·
Temukan jaringan xylem dan phloem dalam akar, batang,
serta daun tumbuhan dikotil dengan mempelajari gambar (charta atau gambar
digital).
b.
Fase dua, siswa merumuskan masalah yang dihadapkan
kepadanya (student structure the
problem).
Siswa
melakukan diskusi bersama anggota kelompoknya untuk merumuskan masalah dari
area investigasi yang dihadapkan kepada mereka.
c.
Fase tiga, siswa mengidentifikasi masalah melalui
investigasi (student identify the
problem in the investigation).
Siswa melakukan pengamatan menggunakan mikroskop cahaya
untuk menemukan jaringan xylem, phloem, dan sel pengiring.
d.
Fase empat, siswa mempertimbangkan cara untuk
menyelesaikan masalah (student
speculate on ways to clear up the difficulty). Siswa merancang suatu kegiatan untuk
menyelesaikan masalah (kesulitan). Kegiatan tersebut misalnya dapat berupa
kegiatan menganalisis kaitan letak dengan struktur jaringan xylem, phloem,
dan sel pengiring pada dikotil
|
|
Rasa ingin tahu
Kerja keras
Toleransi
Kerjasama/ Komunikasi
Displin
Mandiri
Tanggung jawab
Kreatif
|
3
|
Penutup
Membuat
rangkuman dan merumuskan kesimpulan
Postes
Penugasan Terstruktur: Mengerjakan
latihan soal-soal tentang struktur
jaringan tumbuhan pada buku pegangan
Berdoa setelah pembelajaran Biologi
|
15’
|
Mandiri
Tanggung
jawab
Kerja
keras
Religius
|
X
|
Penilaian
|
|||
|
1. Teknik
Penilaian: Tes dan Non Tes
2. Bentuk
Penilaian : Ulangan,
tugas individu, tugas kelompok, rubrik kinerja
|
|||
XI.
|
Sumber Belajar
|
|||
|
1. Perangkat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas, Transpor Sel Disajikan oleh: Dr. sc. sgr.
Yuni Sri Rahayu dan Dr. rer. nat. Adi Rahmat, Dir. Ketenagaan, Dirjen Dikti,
Kemendiknas.
2.
Biologi 2 untuk Kls XI, Karangan DA Pratiwi dkk.Penerbit Erlangga.
3. Biologi Bilingual untuk SMA Kls XI,Kar.Nunung
Nurhayati.Penerbit Yrama Widya.
4. AS Level and A Level Biology,By Mary Jones,et
al.Endorsed by University of Cambridge.
5. e-dukasi. net, multimedia dikmenum.go.id
|
|||
XII
|
Alat-alat Pembelajaran
|
|||
|
Mikroskop, silet/mikrotom, kaca objek, kaca penutup,
gelas kimia, pipet, OHP/Komputer/ LCD.
LKS, Bahan presentasi, akar, batang, daun, air.
|
|||
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
|
|
Ciamis, Juli 2013
Guru Mata pelajaran,
|
||
Dr. H. Endang Rahmat, M.Pd.
NIP. 196005141987031008
|
|
Mochamad Solehudin,
M.Pd.
NIP. 196401011989021004
|
Lampiran 1: Materi Ajar
1. Xilem terdiri
dari sel-sel yang disebut elemen xilem
a.
Trakea ( pembuluh kayu)

b. Trakeid
c. Serat Trakeid dan
libriform
d. Parenkim xylem
Trakea
· Hanya dimiliki
oleh tumbuhan Angiospermae dan Gnetophyta
· Terdiri atas
sel-sel yang berderet dalam satu deretan memanjang sejajar sumbu tumbuhan
· sel mati saat
dewasa; memiliki dinding sekunder berpenebalan (cincin, spiral, bernoktah, dsb)
·
Dinding ujung miring, berperforasi
(berlubang) sederhana (simple porous) ==> air dapat bergerak secara bebas

· Diameter relative
besar
Trakeid
· Dimiliki oleh
seluruh tumbuhan berpembuluh (Traceophyta)
· Sel sempit memanjang
dengan dinding sekunder, ujung sel overlap sesamanya
· sel mati saat
dewa
· Dinding sel
bernoktah==> memudahkan pergerakan air
Serat Xilem
Selnya mati dan berdinding
sekunder,terdiri dari: serat trakeid dan serat libriform
Parenkim
sel hidup, terdiri dari : parenkim
tegak ( parenkim xylem), dan parenkim datar (parenkim jari-jari empulur)
Xilem dapat dibedakan menjadi xilem primer dan sekunder.
Xilem
primer : terbentuk dari prokambium terdiri dari : Protoxilem dan Metaxilem
Xilem
sekunder : terbentuk dari kambium pembuluh terdiri dari kayu
Lingkaran
tumbuh (growth ring):Lapisan
yang menunjukkan pertumbuhan/pembentukan kayu yang berurutan. Di daerah temperata (perbedaan musim
jelas) biasanya sekaligus merupakan lingkaran tahun



Tiga macam sayatan yang umum digunakan
untuk pengamatan struktur kayu (xilem sekunder)









Trakea Trakeid ash_ring_porous Differensiasi Komponen Xilem
(penebalan
helix)
2.
Floem terdiri dari sel-sel yang
disebut elemen floem

a. pembuluh
tapis(pada Angiospermae)/sel tapis (pada Gymnospermae)
b. sel pengantar
(pada Angiospermae)/ sel albumin (pada Gymnospermae)
c. parenkim phloem
d.
serat phloem

Floem selalu terletak berdampingan
dengan xylem dan terdiri dari beberapa macam sel
|
Dapat dibedakan
menjadi jaringan primer dan sekunder. Floem primer dibentuk oleh prokambium,
floem sekunder dibentuk oleh kambium. Lokasi dekat permukaan terluar dari
batang dan akar. Saat dewasa komponen floem tetap hidup



Differensiasi Komponen Pembuluh Tapis
Phloem cells as seen in longitudinal section. Note the longitudinal
view of the sieve plate inside the large sieve tube cell. Right image is a
diagram of the longitudinal view of phloem cells.
Structure of xylem and phloem
tissue in roots, stems and leaves of dicotyledonous plant.
![]() |



Akar
Batang Cucurbita Daun
Lampiran 2: LKS
LKS
2 : Struktur Xilem, Floem, dan Sel Pengiring
Kelompok
|
......................................................
|
Ketua
Anggota
|
………………………………………..
1.
...........................................................
2.
...........................................................
3. ...........................................................
4. …………………………………………
5. …………………………………………
|
Tujuan : Mengenal lebih jauh
struktur xilem, floem, dan sel pengiring pada akar, dan batang
Alat dan Bahan
Alat : Mikroskop, silet, gelas obyek, gelas penutup,
pipet tetes, jarum pentul
Bahan : Preparat awetan Cucurbita sp,
Preparat segar batang Pacar Air
Langkah Kerja :
1.
Siapkan mikroskop
cahaya/elektrik silet, gelas obyek, gelas penutup, pipet tetes, dan jarum
pentul, mikrotom
2.
Pilih batang
pacar air yang masih segar
3.
Buatlah sayatan melintang,
membujur dan tangensial setipis mungkin
4.
Siapkan preparat
segar pada obyek gelas secara hati-hati dan teliti, kemudian amati dengan
mikroskop mulai dengan pembesaran lemah kemudian pembesaran kuat.
5.
Lakukan pula
pengamatan untuk preparat awetan yang telah disediakan (Cucurbita sp)
6.
Sandingkan hasil
pengamatan langsung dengan mikroskop dengan
charta/ gambar digital untuk menidentifikasi detail struktur xilem,
floem dan sel pengiring.
Hasil
pengamatan : Gambar dan Keterangan
Batang Pacar Air Batang
Pacar Air Batang Pacar
Air
sayatan melintang sayatan
membujur sayatan
tangensial
![]() |
![]() |
![]() |
Batang Cucurbita sp Akar
Cucurbita sp
![]() |
![]() |
Pertanyaan :
1.
Apakah struktur
xilem terdiri dari sel-sel yang seragam? Kalau tidak, elemen-elemen apa saja
yang terdapat pada xilem? Elemen apa pada xilem yang merupakan sel hidup?
2.
Apakah floem merupakan sel hidup? Bagaimana letak
sel pengiring terhadap sel tapis (sieve tube)?
Kesimpulan :
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
Lampiran 3
Soal postes
1.
Describe the structure
of xylem vessel elements,sieve tube
elements and
companion cells!
2.
How to use a light microscope to recognize xylem vessel
elements,sieve tube elements
and companion cells?
3.
Describe the structure of xylem and phloem tissue in
roots, stems and leaves of dicotyledonnous plants!
Soal PR/ Tugas Terstruktur
Mengerjakan latihan soal-soal
tentang struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan.
Lampiran 4:Penskoran postes
No
|
Uraian jawaban
|
Skor
|
Skor maks
|
1
|
Describe
the structure of xylem vessel
elements,sieve tube elements
and companion cells
|
|
40
|
2
|
Describe, Howto recognize xylem vessel
elements,sieve tube elements
and companion cells
|
|
30
|
3
|
Describe the structure of xylem and
phloem tissue in roots, stems and leaves of dicotyledonnous plants
|
|
30
|
Pedoman Penskoran postes
skor
|
nilai
|
skor
|
nilai
|
Skor
|
nilai
|
skor
|
nilai
|
1-5
|
5
|
25-30
|
25
|
51-55
|
50
|
76-80
|
75
|
6-10
|
10
|
31-35
|
30
|
56-60
|
55
|
81-85
|
80
|
11-15
|
15
|
36-40
|
35
|
61-65
|
60
|
86-90
|
85
|
16-20
|
20
|
41-45
|
40
|
66-70
|
65
|
91-95
|
90
|
21-25
|
25
|
46-50
|
45
|
71-75
|
70
|
96-100
|
100
|
Lampiran 5: Pedoman penskoran
penilaian PR
Pertemuan
|
Uraian jawaban
|
Skor
|
Skor maks
|
1
|
Mengerjakan
latihan soal-soal tentang struktur jaringan pada tumbuhan
|
|
20
|
2
|
Mengerjakan
latihan soal-soal tentang struktur xilem, floem, dan sel pengiring
|
|
20
|
3
|
Mengerjakan
latihan soal-soal tentang fungsi jaringan pada tumbuhan
|
|
20
|
4
|
Mengerjakan
soal-soal tentang keterkaitan antara struktur dan fungsi xilem, floem, dan
sel pengiring
|
|
20
|
5
|
Mengerjakan
soal-soal tentang keterkaitan antara sifat totipotensi jaringan tumbuhan
dengan teknik kultur jaringan tumbuhan
|
|
Pedoman pengolahan penilaian PR
skor
|
nilai
|
skor
|
nilai
|
Skor
|
nilai
|
skor
|
nilai
|
1-5
|
5
|
25-30
|
25
|
51-55
|
50
|
76-80
|
75
|
6-10
|
10
|
31-35
|
30
|
56-60
|
55
|
81-85
|
80
|
11-15
|
15
|
36-40
|
35
|
61-65
|
60
|
86-90
|
85
|
16-20
|
20
|
41-45
|
40
|
66-70
|
65
|
91-95
|
90
|
21-25
|
25
|
46-50
|
45
|
71-75
|
70
|
96-100
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar